Kamis, 13 Agustus 2015

7 Alasan Bayi Menangis yang Perlu Diketahui oleh Ayah

7 Alasan Bayi Menangis yang Perlu Diketahui oleh Ayah

13 Agustus 2015 | Dibaca : 496 Kali | Rubrik : Tumbuh Kembang
Sample ImageSahabat Ummi, banyak para ayah yang hanya mengetahui bayi menangis karena ingin menyusu, padahal tidak hanya itu. Berikut ini beberapa Alasan Bayi Menangis yang Perlu Diketahui oleh Ayah.
Para ayah perlu mengetahui bahwa bayi menangis sebagai bentuk komunikasi dengan orang lain karena mereka belum bisa berkata-kata, ini adalah cara paling efektif untuk mendapat perhatian dengan segera. Adapun beberapa alasan yang menyebabkan bayi menangis antara lain sebagai berikut:
1. Lapar
Ayah bisa mengeceknya dengan cara mengetuk-ngetuk pelan ujung bibir bayi, jika ia membuka mulut seolah siap menyusu, berarti bayi menangis karena merasa haus atau lapar. Dan tentu saja makanan terbaik untuk bayi adalah Air Susu Ibu.
2. Popok basah
Buang air kecil ataupun buang air besar yang belum dibersihkan biasanya membuat bayi tak nyaman dan ia pun akan menangis. Meskipun memakai pampers, ayah bisa mengecek apakah pampers sudah kepenuhan atau ada kotoran. Segeralah ganti agar bayi merasa nyaman dan juga mencegah terkena penyakit karena kotoran di bagian vital yang pastinya akan mengundang bakteri penyakit.
3. Minta ditemani
Biasanya bayi membutuhkan seseorang di dekatnya untuk menemani, mungkin ia merasa kesepian dan ingin digoda. Ciri-cirinya, bayi akan terdiam begitu ayah menggodanya dengan menjulurkan lidah atau main cilukba standar. Ajak bayi berbicara juga merupakan salah satu cara efektif untuk mengalihkan perhatian bayi dari tangisan.
4. Minta digendong
Ada beberapa bayi yang bosan jika ditaruh begitu saja di kasur, ia ingin merasakan kenyamanan di dekapan ayah atau bundanya dengan cara digendong. Maka, jika bayi bukan menangis karena lapar atau popok basah, coba gendong bayi, jika ia terdiam bisa jadi karena memang itulah yang ia harapkan.
5. Kelelahan
Tak perlu memarahi bayi jika ia terus menangis ketika sedang perjalanan jauh misalnya, bayi bisa merasa kelelahan meskipun terus-terusan berada di pangkuan ayah dan bundanya. Merasa lelah dan badan pegal-pegal tentu saja membuat bayi tidak nyaman, sehingga satu-satunya cara mengekspresikannya adalah dengan menangis.
Cobalah ajak ia berbicara dan tunjuk sesuatu untuk mengalihkan perhatiannya.
6. Kepanasan atau kedinginan
Apakah pakaian bayi terlalu tebal padahal di siang hari? Atau sebaliknya, pakaiannya terlalu tipis padahal di ruang ber-AC? Kepanasan dan kedinginan akan membuat bayi merasa tak nyaman, makanya ia menangis. Jika bayi kedinginan, ayah bisa memberikan minyak telon di dada, perut dan punggungnya.
Jika bayi terlihat kegerahan, banyak biang keringat, maka longgarkanlah bedongannya.
7. Sakit
Entah itu perut kembung, demam, hidung tersumbat, dan segala jenis penyakit lainnya akan membuat bayi merasa tak nyaman dan sudah pasti ia akan menangis, kemungkinan lebih sulit untuk ditenangkan sampai ia mendapat tindakan yang membuat badannya lebih nyaman.
Itulah 7 alasan bayi menangis yang paling sering ditemukan, semoga bisa membantu jika kebetulan ayah sedang sendirian menjaga baby di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar