Kamis, 13 Agustus 2015

Berapa Gelaskah Batasan Minum yang Manis-manis Setiap Hari?

Berapa Gelaskah Batasan Minum yang Manis-manis Setiap Hari?

13 Agustus 2015 | Dibaca : 571 Kali | Rubrik : Kesehatan
Sample ImageSahabat Ummi ingin hidup sehat? Kurangilah konsumsi gula setiap harinya! Khususnya bagi yang suka minum manis-manis, seperti teh manis, sirup, es kelapa, dan lainnya, mungkin memiliki pertanyaan Berapa Gelaskah Batasan Minum yang Manis-manis Setiap Hari? Mari simak pembahasan singkat berikut.
Seorang konsultan gizi di New York dalam bukunya berjudul "Lick the Sugar Habit" menyatakan bahwa kelebihan gula dapat menimbulkan sederet penyakit mulai dari diabetes, sembelit, atristis, asma, sakit kepala, sejenis penyakit kulit, kanker, penyakit jantung, osteoporosis, kerusakan gigi, sariawan, bahkan juga candida albicans yakni sejenis jamur yang bisa tumbuh di saluran lambung, saluran kelamin dan sistem peredaran darah.
Subhanallah, betapa mengerikan dan banyaknya penyakit yang bisa timbul akibat konsumsi gula berlebihan. Lalu berapa batasan mengonsumsi gula setiap harinya?
Jumlah yang disarankan oleh WHO adalah 6 sendok teh per hari maksimal. Namun The Heart Association menyatakan gula pasir maksimum untuk laki-laki adalah 9 sendok teh sedangkan untuk perempuan 6 sendok teh. Sedangkan peraturan menteri kesehatan Republik Indonesia menyatakan batas konsumsi gula per orang per hari adalah 4 sendok makan.
Sedangkan untuk anak-anak, WHO menyatakan paling banyak kurang dari 6 sendok teh gula per harinya.
Dengan demikian, setiap akan menikmati minuman yang manis-manis, perhatikanlah takaran gula yang dimasukkan! Ingat bahwa hampir setiap soft drink, snack, dan makanan instan yang kita beli di luaran pasti telah mengandung gula. Maka jangan berlebihan dalam mengonsumsinya terlebih lagi jika kegiatan fisik yang kita lakukan tiap harinya tidak banyak.
Selamat hidup sehat Sahabat Ummi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar